Jumat, 04 Januari 2019

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini


 
   Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
   Nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat ditanamkan pada anak usia dini (0-6 tahun), mencakup empat aspek, yaitu: (1) Aspek Spiritual, (2) Aspek Personal/kepribadian, (3) Aspek Sosial, dan (4) Aspek lingkungan.
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang melibatkan penanaman pengetahuan, kecintaan dan penanaman perilaku kebaikan yang menjadi sebuah pola/kebiasaan. Pendidikan karakter tidak lepas dari nilai-nilai dasar yang dipandang baik. Pada pendidikan anak usia dini nilai-nilai yang dipandang sangat penting dikenalkan dan diinternalisasikan ke dalam perilaku mereka mencakup: (1) Kecintaan terhadap Tuhan YME, (2) Kejujuran,   (3) Disiplin, (4) Toleransi dan cinta damai, (5) Percaya diri, (6) Mandiri             (7) Tolong menolong, kerjasama, dan gotong royong, (8) Hormat dan sopan santun, (9) Tanggung jawab, (10) Kerja keras, (11) Kepemimpinan dan keadilan, (12) Kreatif, (13) Rendah hati, (14) Peduli lingkungan, (15) Cinta bangsa dan tanah air[1].


[1] Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Pedoman Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, (Kemendikbud, 2012), hal. 5.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © MAHSUN DOT NET